Wisata Dataran Tinggi Dieng

Senin, 03 Februari 2014

On 22.38 by sikat dieng tour   No comments
Dataran tinggi Dieng (DTD) adalah dataran dengan aktivitas vulkanik di bawah permukaannya,
Sesungguhnya ia adalah kaldera dengan gunung-gunung di sekitarnya sebagai tepinya. Terdapat banyak kawah sebagai tempat keluarnya gas, uap air dan berbagai material vulkanik lainnya.
Secara biologi, aktivitas vulkanik di Dieng menarik karena ditemukan di air-air panas di dekat kawah beberapa spesies bakteri termofilik ("suka panas") yang dapat dipakai untuk menyingkap kehidupan awal di bumi.

Sikidang adalah kawah di dataran tinggi dieng yang paling populer dikunjungi wisatawan karena paling mudah dicapai. Kawah ini terkenal karena lubang keluarnya gas selalu berpindah-pindah di dalam suatu kawasan luas. Dari karakter inilah namanya berasal karena penduduk setempat melihatnya berpindah-pindah seperti kijang (kidang dalam bahasa Jawa).



Kawah Sikidang memiliki dapur magma di dalam perut bumi di bawahnya. Dapur magma ini menghasilkan panas dan energi dengan tekanan yang sangat kuat. Apabila tekanan ini mencapai puncaknya, maka akan terjadi letusan dan terbentuk sebuah kawah baru. Nama Sikidang diambil dari kata “kidang” yang berarti kijang. Keunikan kawah ini adalah kawah utamanya yang selalu berpindah, seolah meloncat mencari tempat baru. Lubang besar tepat di bagian depan kompleks adalah bekas kawah utama sebelum dia merasa "bosan" dan meloncat berpindah ke tempat lain. Bila beruntung Anda juga bisa menyaksikan beberapa orang penambang belerang yang sibuk mencari bongkahan-bongkahan belerang untuk dijual ke kota. Bila Anda adalah petualang yang ingin merasakan berdiri di atas periuk magma bumi, Kawah Sikidang adalah tempatnya. 



Potensi kawah sikidang
Area kawah sikidang termasuk dalam daerah prospek panas bumi, energi panas bumi merupakan salah satu sumber energi ramah lingkungan, yang memanfaatkan panas dari air panas dan uap panas yang untuk menggerakan turbin listrik Berdasarkan penelitian area kawah sikidang memiliki potensi panas bumi mencapai 175mw.

Disamping itu area kawah sikidang juga memiliki potensi negatif berupa bahaya gas beracun seperti gas belerang, uap dan air panas..


secara geologi kawah sikidang tersusun oleh batuan beku yang berupa  andesit dengan warna abu2 hingga kehitaman. Batuan ini mengalami perubahan komposisi akibat kontak dengan larutan hidrothermal sehingga warnanya berubah menjadi putih kekuningan.


Fumarola
Merupakan manifestasi / pemunculan panas bumi yang berupa semburan-semburan air dan uap air. Suhu semburan air berkisar 50 drajat Celsius dengan luas semburan berkisar 1m



mudpool merupakan kolam berisi lumpur panas berwarna coklat – abu2 tua pekat, bersuhu sekitar 80 derajat selcius dengan luas kolam berkisar 4m, lumpur panas berasal dari pelarutan batuan oleh larutan geothermal yang bersifat asam.


0 komentar:

Posting Komentar