Wisata Dataran Tinggi Dieng

Minggu, 02 Februari 2014

On 21.05 by sikat dieng tour   No comments
Tuk Bima lukar merupakan sumber mata air yang sangat dipercaya oleh masyarakat sekitar dan para wisatawan lokal maupun mancanegara sebagai sumber mata air yang diramu untuk memberikan keawet mudaan bagi orang yang menggunakannya. Sumber air Tuk Bimalukar ini merupakan sumber mata air dari sungai serayu yang biasanya digunakan sebagai sarana olahraga air.



Mata Air Bima Lukar juga merupakan Situs Purbakala Sebagain besar dari bangunan ini sudah berganti dengan tembok semen. Jejak kekunaan nampak dari dua jaladwara (pancuran air) yang masih berfungsi. Masyarakat menggunakan kekunaan ini untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari meskipun juga mengkeramatkan.yang hingga saat ini masih sering di kunjungi  oleh Wisatawan lokal maupun Asing.
Sebuah mata air yang menyimpan Legenda di masyarakat setempat yang konon katanya barang siapa mencuci muka di tempat tersebut maka akan Awet Muda,


Sesuai dengan Cerita Pewayangan ketika Sang Bima melukar diri dan tiba- tiba melihat seorang putri yang sedang mandi di sungai buatanya dan di dalam hatinya terucap kata SIRO AYU. Dan dari situlah nama Hulu Sungai SERAYU berasal dari kata SIRO AYU. Pada hari-hari biasa juga banyak dukunjungi oleh wisatawan asing dan lokal.

Sekarang aliran sungai Serayu yang berasal dari Pegunungan Dieng sudah di kembangkan oleh para pelaku Wisata minat khusus sebagai ajang Wisata Olah Raga Arung Jeram yang berada di daerah Wonosobo dan Banjarnegara dengan Grade-grade  Jeram  yang menantang akan menguji Adrenalin bagi Pecinta Olah Raga Rafting .
Selamat berpetualang dan selamat menikmati tuk bima lukar ini.
 http://www.sikatdiengtour.co.id/index.php/obyek-wisata-dieng/tuk-bima-lukar

0 komentar:

Posting Komentar